Minggu, 12 Februari 2012

Tanaman Gulma Tanaman Obat

Tanaman gulma adalah tanaman yang tidak dikehendaki kehadirannya pada lahan pertanian karena dapat menurunkan hasil panen. Tanaman ini juga sering dianggap membawa penyakit bagi tanaman lain. Maka tidak salah bila orang enggan untuk menanamnya.

Padahal tidak semua tanaman gulma tidak berguna, ada juga tanaman gulma yang memiliki manfaat bagi kesehatan seperti rumput teki dan meniran.



Rumput teki
Rumput teki
Rumput teki memiliki tinggi 10 - 95 cm dengan jumlah daun 4 - 10 helai per pangkal batang. Panjang daunnya sekitar 10 -30 cm dengan lebar 3 - 6 cm.

Rumput teki mampu menjadi solusi bagi haid yang tidak teratur, keputihan, penyubur kandungan, menghilangkan rasa sakit, penenang, sakit gigi, gangguan pada pencernaan, nyeri lambung, diare, mual dan disentri.Rebus rumput teki kering kemudian minum airnya.



Meniran
Meniran
Tanaman gulma lainnya yang bermanfaat adalah meniran. Tanaman dengan tinggi sekitar 50 cm dan berbatang bulat ini tumbuh secara liar.

Meniran memiliki khasiat mengurangi replikasi virus yang masuk ke dalam tubuh, malaria, ayan, demam, batuk, haid berlebihan, disentri, luka bakar, jerawat, luka koreng dan liver.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar