Selasa, 07 Februari 2012

Ruang Keluarga

Ruang keluarga

Salah satu bagian penting saat mendisain rumah yaitu ruang keluarga. Ruang ini akan digunakan untuk seluruh anggota keluarga berkumpul karena itu ada hal penting yang harus diperhatikan saat mendisain ruang keluarga yaitu :
  1. Kebutuhan anggota keluarga
  2. Kebiasaan anggota keluarga

Ruang keluarga dapat dikatakan sebagai ruangan terpenting dalam sebuah rumah, karena pentingnya ruangan ini maka pada umumnya ruang keluarga merupakan ruangan terbesar yang ada dalam sebuah rumah.Tidak ada ketentuan baku dimana ruang keluarga ini diletakkan dan berapa luasnya, semua tergantung kebutuhan masing-masing keluarga dan ketersediaan lahan.

Ruang keluarga bisanya diletakkan pada lokasi yang mudah dijangkau dari semua ruangan di rumah. Dimanapun ruang keluarga diletakkan sebaikanya itu adalah lokasi yang terbaik dengan sirkulasi udara, pencahayaan dan view ( pemandangan ) yang terbaik, misal menghadap taman, menghadap kolam ikan, dll. Seyogyanya ruang keluarga membuat semua anggota keluarga betah berada disana.

Barang elektronik yang biasanya hadir dalam ruang keluarga adalah televisi tapi tidak semua orang menyukai kehadirannya dengan alasan anggota keluarga akan sibuk menonton sehingga kurang berkomunikasi satu dengan yang lain. Tapi di sisi lain ada yang setuju dengan kehadiran televisi dalam ruang keluarga dengan alasan orang tua dapat memandu anaknya memilih tayangan televisi yang baik.

Jika anda memutuskan memasang televisi dalam ruang keluarga, maka yang harus diperhatikan adalah jarak pandang. Jarak pandang ideal televisi adalah 6x panjang diagonal televisi ( non LCD ) atau 6x tinggi layar LCD. Televisi LCD memiliki radiasi lebih kecil sehingga bisa dinikmati dengan jarak pandang yang lebih dekat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar